Rabu

Apakah salah itu gagal?

Zaman terus berpacu dengan waktu,setiap detik berjalan,selalu bertambah ,pasti tidak pernah kembali.Dunia berputar dari timur ke barat.
Zaman dulu dan zaman milenium ini ada perbedaan yang sangat menyolok.Kita masih ingat pada saat kita sekolah dulu,kalau kita lupa tidak mengerjakan PR(pekerjaan rumah)maka kita dapat hukuman berdiri di dekat papan tulis atau menghadap tembok.Jika Guru bertanya dan kita tidak bisa menjawab,pasti dapat hukuman dicubit atau dianggap goblok (aduuuh seremnya yo).
Zaman telah berubah ,saat ini masih ada keadaan yang demikian tetapi sudah mulai berubah.
Apakah berbuat salah itu goblok,tolol atau bodoh ,atau juga dosa ?Kalau melakukan kesalahan identik dengan bodoh maka setiap orang akan disebut bodoh.Kalau kesalahan diakumulasikan dengan kita saat lahir sampai hari ini ,pasti kita akan tahu tidak ada seorangpun di dunia ini hanya melakukan satu atau dua kali kesalahan.

Berarti BERBUAT SALAH TIDAK SELALU HARUS GAGAL.
Penyebab kesalahan terjadi karena :

  • tidak mengerti akan suatu hal/masalah
  • tidak biasa
  • lalai
  • tolol

suatu misal : kita belajar naik sepeda ,pasti sering jatuh dari sepeda karena tidak biasa naik sepeda kemudian belajar terus akhirnya bisa naik sepeda dengan lancar.

Kesimpulan nya Dengan adanya kesalahan yang kita perbuat ,dapat mengetahui hal-hal :

  1. melakukan evaluasi "kenapa hal itu bisa terjadi /kenapa yang kita lakukan adalah salah"
  2. dapat pengalaman artinya mengetahui letak kesalahannya
  3. sadar akan merperbaiki dari kesalahan tadi
  4. mencoba hal-hal yang beda

Ada pepatah :"Pengalaman adalah guru yang terbaik,tapi akan lebih baik bila kita belajar dari pengalaman orang lain"

2 komentar:

Anonim mengatakan...

saya masih setuju dengan pendapat bahwa kesalahan merupakan awal dari kegagalan... semakin banyak kesalahan diperbuat maka semakin nyata sebuah kegagalan akan menghampiri kita...
kegagalan hari ini merupakan hasil dari akumulasi kesalahan putusan yang kita ambil hari kemarin... jadi kalau 'gak mau gagal, ya dikurangi atau dijauhkan dari perbuatan dan keputusan yang buruk dan salah... ya 'gak bro?
hehehe... lam kenal aja, thank's dah mampir di blog-ku, alamatnya dah dipindahin...

Anonim mengatakan...

Hallo just passing by...kunjung balik ya bro...